SMK Negeri Jumantono
Kunjungan “Studi Tiru TeFa TKJ” SMKN Jumantono Ke SMKN 1 Bumi Jawa

Kunjungan “Studi Tiru TeFa TKJ” SMKN Jumantono Ke SMKN 1 Bumi Jawa, dilanjutkan Pelatihan Ke IDU

Kunjungan “Studi Tiru TeFa TKJ” SMKN Jumantono Ke SMKN 1 Bumi Jawa, dilanjutkan Pelatihan Ke IDUKA New Life Rekanan Dari PT. Supertone (SPC) di Kota Tegal


SMK Negeri Jumantono, 

Kunjungan “Studi Tiru TeFa TKJ” SMKN Jumantono Ke SMKN 1 Bumi Jawa, dilanjutkan pelatihan ke IDUKA New Life Rekanan Dari PT. Supertone (SPC) di Kota Tegal(24/03/22).

Kunjungan ini dipimpin oleh WAKA sarana dan prasarana bapak Joko Prasetyo budi, S.Pd dan WAKA Kurikulum bapak Purwanto, S.Kom, peserta yang mengikuti kunjungan dan studi tiru tersebut sejumlah 6 orang yang terdiri dari Ibu Murti Winahyu, S.Kom selaku Ketua Program keahlian TKJ beserta robongan guru produktif TKJ beserta staff karyawan SMKN Jumantono. Kegiatan kunjungan di awali study tiru SMK Negeri 1 Bumi Jawa dimana sekolah tersebut telah melaksanakan Teaching Factory (TeFa) sesuai dengan jurusan kita yaitu TKJ. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MOU antara SMKN Jumantono dengan PT. Supertone(SPC) yang ditandatangani pada bulan Januari 2022 lalu tentang kerjasama pendirian TeFa.

 

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menyiapkan sumber daya manusia untuk pembuatan TeFa dengan cara study tiru TeFa yang ada di SMK Negeri 1 Bumi Jawa dan melakukan pelatihan guru di PT. Supertone(SPC), untuk proses pelatihannya bertempat di New Life Kota Tegal yang merupakan rekanan dari PT. Supertone(SPC).

Sambutan hangat dari Kepala sekolah SMKN 1 Bumi Jawa bapak Joko Pramono, S.Pd., M.Ds semakin membuat semangat, beliu menunjukkan semua sudut dari sekolah, tak lupa ruangan untuk beroperasinya kegiatan TeFa dari ruang produksi, QC dan ruangan packing ketika ada pemesanan laptop, PC, maupun All in one.

Yang kedua kita melakukan pelatihan di New Life, Ibu Murti memaparkan selama di New Life diajarkan bagaimana cara membuat brand untuk produk kita, suatu brand yang menjual, kemudian bagaimana cara mendaftarkan brand yang sudah kita buat agar mendapatkan pengakuan dari HAKI. Serta perangkat apa saja yang dibutuhkan untuk memproduksi alat tersebut yang selajutnya brand tersebut kita masukkan ke dalam buys produk yang akan kita buat, semua itu kita di bawah pelatihan tim New Life. Selain itu narasumber dari PT. Supertone bapak Rudi Warsito dari PT.Supertone memberikan motivasi dan dorongan agar kita selalu semangat dan optimis dalam pembuatan TEFA tersebut.


0 Komentar

Tulis Komentar